2007, Penuh Perjuangan, Cinta, dan Kejutan dari Tuhan

Awal 2007 dibuka dengan sedikit kekesalan dengan tugas-tugas kuliah dan ujian akhir yang menyita libur Natal dan akhir tahunku. Untung semua itu berlalu dengan cepat. Setelah semuanya berakhir, aku merasa lega, hilang semua rasa kesal. Pasalnya setelah itu, kuliah libur sebulan. Kembali aku bisa menekuni pekerjaanku dengan ‘full’ konsentrasi dan kembali bersenang-senang menikmati hobi ‘travelling’.

Banjir Jakarta

Ketika niat bulat untuk jalan-jalan ke Bandung dengan beberapa teman sudah terbentuk, harus terhalang karena banjir bandang di Jakarta pada akhir Januari-awal Februari. Yah, meski begitu rencana itu tetap terwujud meski harus tertunda satu hari.

Aku sempat menikmati banjir bandang itu karena motorku terjebak di tengah banjir di perkampungan padat di belakang kantor. Hehehe…entah sengaja atau memang bodoh, aku lewat di situ. Padahal aku sudah tahu bahwa kampung padat itu memang rawan banjir. Untung saja, masih ada orang yang mau menolong. Sukses sudah nostalgia banjir. Hehehe…

Mendadak Cinta

Bulan maret…entah kenapa jadi mendadak cinta dengan seorang teman yang setahun ini aku kenal. Benar-benar mukzizat Tuhan. Setelah beberapa tahun aku trauma jatuh cinta, tiba-tiba saja aku bisa jatuh cinta. Senang juga, sih. Tapi juga bingung. Rasanya tidak mungkin bisa diteruskan karena aku dan dia ‘berbeda’. Akhirnya kuputuskan, ini untuk terapi saja supaya aku tidak trauma dan bisa membuka diri lagi. Dan cukup berhasil sampai saat ini. Benar-benar kunikmati.

Jalan-Jalan ke Baduy

Kesempatan untuk jalan-jalan datang lagi di bulan April. Kali ini seorang sahabat mengajakku jalan-jalan ke perkampungan Baduy. Tanpa berpikir dua kali, aku menerima tawaran itu. Asik juga perjalanan kesana, meski sangat melelahkan. Karena harus berjalan berkilo-kilo meter dengan tanjakan yang tajam. Beberapa kali hampir terpeleset dan terperosok, untung teman-teman seperjalanan siap membantu.

Ibu Sakit

Sekitar bulan Maret, aku dapat kabar bahwa ibu sakit karena kecapaian. Tak lama kemudian, bapak memberi kabar kalau ternyata ibu kena stroke ringan. Ya ampun, gak terbayang ibu yang sangat aktif bisa kena stroke. Untung segera ketahuan dan dapat perawatan cepat sehingga tidak perlu masuk RS. Cuma ibu harus mengurangi segala aktifitasnya termasuk tidak boleh naik motor lagi. Hasilnya ibu sembuh, meski harus tetap jaga kesehatan.

Wisuda Mita

Tak terasa, setelah 4 tahun, adikku berhasil menyelesaikan kuliahnya di NUS Singapore. Perjuangan yang berat bagi Mita. Bulan Juli, kami sekeluarga plus Aan, sepupuku menghadiri wisuda Mita di sana. Liburan seminggu yang cukup menyenangkan. Bisa bertemu dengan sepupu-sepupu yang tinggal disana.

Mukzizat Tuhan

Sepulang dari menghadiri wisuda Mita, aku dapat ’kejutan’ dari Tuhan. ”Kejutan” yang cukup aneh tapi sangat indah. Tidak kusangka, aku jatuh cinta lagi dengan orang yang berbeda. Seseorang yang sudah lama aku kenal, ada di dekatku, tapi aku tidak menyadarinya. Memang segalanya belum jelas, tetapi aku yakin Tuhan punya rencana indah untukku di tahun 2008. Tuhan memang penuh kejutan.

Pertengahan Tahun

Puji Tuhan, aku sudah menyelesaikan satu tahun kuliah. Masa-masa berat tugas dan kuliah sudah berakhir. Tinggal tahap selanjutnya yang tida
k kalah berat, yaitu thesis. Aku berusaha konsisten untuk mengambil tema thesis mengenai banjir. Akan tetapi di tengah perjalanan karena suatu peristiwa dan intervensi dari Kajur, terpaksa aku berpindah haluan pada tema daya dukung lingkungan. Gak tahu gimana jadinya nanti, yang penting proposal sudah di acc. Meski harus kerja keras dalam waktu 2 minggu.

KPI

Sistem di kantor berubah lagi. Huh…Kali ini dengan sistem KPI. Ah…masa bodoh. Aku sih masih tetap dengan idealismeku bekerja dengan hati. Menampilkan informasi sebanyak mungkin pada pembaca dan orang-orang lain. Yang penting aku masih bisa hidup dan bersenang-senang to? Hehehe…

Travelling Biaya Kantor

Tanpa kusangka-sangka, kantor menugasiku untuk ’jalan-jalan’ lagi. Tentunya jalan-jalan sambil kerja. Untung, kuliah sudah tidak begitu merepotkan lagi, karena semester 3 Cuma ada 3 mata kuliah. Perjalanan menyusuri 4 kota di Jawa Tengah dan DIY menemui 4 perempuan yang berhasil memberdayakan masyarakat. Perempuan-perempuan sederhana yang berpendidikan rendah, akan tetapi berhasil memberdayakan masyarakat. Asyik juga ngobrol dengan ibu-ibu itu, meski sempat bingung dengan bahasa jawa kromo yang agak kurang kumengerti.

Akhir tahun, menjelang liburan Natal, ada tawaran travelling lagi dari kantor. Meski awalnya agak membingungkan, tapi akhirnya cukup menyenangkan juga. Kali ini travelling ke kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara. Kabupaten baru hasil pemekaran dari Kab. Dairi ini, lokasinya cukup jauh dari Medan. Kira-kira 5 jam perjalanan dengan jalan yang berkelok-kelok, rawan longsor, dan sangat licin. Beruntung tidak ada peristiwa tanah longsor selama aku bertugas disana.

Travelling terakhir ke Kota Cilegon. Meski aku sudah beberapa kali mengunjunginya tapi kali ini aku menemukan sesuatu yang berbeda dan cukup membekas dalam pikiranku.

Libur Natal dan Tahun Baru

Beruntung tahun 2007 ini aku bisa menikmati liburan natal dan tahun baru dengan utuh di Semarang. Awalnya cukup menyenangkan bisa liburan dengan tenang. Tapi kok lama-lama bosan ya. Hehehe…Adikku sudah balik ke Singapore tanggal 28 karena mau berlibur ke tempat lain. Tampaknya terlalu lama cuti juga tidak baik untukku. Hehehe…

Yah…banyak lagi peristiwa-peristiwa kecil yang tidak dapat diceritakan satu-persatu. 2007, memang tahun yang penuh kejutan bagiku. Dari banjir, mendadak cinta (sampai dua kali), travelling berkali-kali, dan kejutan-kejutan kecil lainnya.

Terima kasih Tuhan atas segala ’kejutan-kejutannya’.

Selamat tinggal tahun 2007. Selamat tinggal kenangan-kenangan masa lalu yang buruk.

Selamat datang 2008.

Semoga aku bisa cepat menyelesaikan kuliahku sebelum bulan Juni dan tetap bersemangat mengejar rencana-rencanaku.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

