Desember, Bulan Penuh Cobaan dan Perjuangan

Beberapa tahun terakhir ini, desember merupakan bulan penghabisan bagiku. Rasanya semua semangat, tenaga, harapan habis di akhir bulan desember. Dilema yang selama ini tersimpan dalam-dalam tiba-tiba saja muncul ke permukaan, mengacaukan semuanya.

Tahun lalu, aku merasakan kekacauan hebat dalam diriku. Buntutnya aku sakit flu berat sampai 3 minggu. Untung, di minggu terakhir aku masih bisa refreshing sambil kerja ke wilayah Cianjur. Disambung dengan berlibur ke Bandung, ngabur ke kontrakan Dewi. Aku berhasil melaluinya dan bisa merayakan Natal dengan damai. Meski masih ada ’kerikil-kerikil’ di hatiku.

Tahun ini….huah…aku kembali mengalaminya. Berkali-kali rasa kecewa menimpaku. Semangatku mengendor. Tenagaku habis. Pikiran capai. Rasanya tidak ada waktu tersisa untuk sekedar menenangkan diri.

Tugas-tugas kuliah menumpuk. Meski berusaha menyelesaikan satu-persatu, tetap aja tugas datang mengalir tiada henti. Oh…dosen-dosen yang kejam. Ujian akhir mulai muncul satu-persatu. Berusaha maksimal untuk belajar dan mengerjakan. Entah bagaimana hasilnya.

Semuanya bermuara pada kekesalan, kedengkian, bete. Berusaha untuk sabar dan menghilangkannya. Karena aku masih ingin menyambut kelahiran Yesus dengan hati yang bersih. Aku masih ingin menyambut natal dengan damai.


Tinggal 4 hari waktuku untuk membersihkan hati. Sanggupkah? Bayang-bayang kekecewaan, kepenatan jiwa dan fisik menghadang di depan.

NB: Aku masih ingin berfoto di bawah pohon natal besar dengan wajah ceria dan berbinar-binar

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

