Selamat Tinggal Tante

Baru 2 minggu yang lalu aku mendengar suara tante di telpon. Saat itu aku sedang menelpon ibuku, mengadu tentang sakit batukku yang gak sembuh-sembuh. Di belakang suara ibuku sayup-sayup aku mendengar suara tante yang mengejekku sambil bercanda. Sayang perkataan tante gak jelas.

Aku tidak mengira itu kali terakhir mendengar suara tante. Kemarin malam lewat sms bapak aku mengetahui tante meninggal karena sakit difteri. Cukup aneh bagiku mengapa bisa terkena penyakit difteri padahal tante tidak memelihara unggas. Lewat cerita ibu aku tahu tante baru 2 minggu mengidap penyakit itu. Itupun gak mau dibawa ke dokter karena takut alergi obat.Kemarin siang tante ditemukan terkapar di rumah. Untung ada teman tante yang berkunjung. Coba kalau tidak, bisa-bisa tante sekarat di rumah tanpa ada siapapun.

Mengingat sosok tante Rita Miranda, aku jadi ingat masa-masa sekolah dan kuliah di Semarang. Saat aku bingung dengan PR/tugas bahasa Inggris aku selalu lari ke tante Rita untuk diajari. Dia segera mengeluarkan buku-buku grammar inggris yang meski kuno sangat bermanfaat bagiku.

Tante juga sahabat setia ibuku. Setia mendengar curhatan-curhatan ibuku. Curhatan-curhatan tentang sikapku dan Mita yang terkadang nakal dan menjengkelkan. Ataupun curhatan-curhatan mengenai urusan kantor.

Tante bagiku adalah sosok seorang wanita yang tegar dan mandiri. Meski memilih untuk tidak menikah, kehidupan tante sangat bahagia. Tinggal sendiri di rumah besar di kawasan elite Srondol. Mengabdikan seluruh hidupnya dengan menjadi seorang dosen di sebuah perguruan tinggi negeri di Semarang. Hidupnya sederhana, meski aku tahu dia terlahir dari keluarga yang berada.

Selamat tinggal tante Rita…
Sayang aku tidak bisa menghadiri pemakamanmu.
Semoga hidupmu semakin bahagia di alam baka

Selamat tinggal tante
Doaku menyertai kepergianmu.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

