KACAU

Sudah seminggu ini pekerjaan di kantor lowong. Pekerjaan yang banyak sudah terselesaikan akhir mei lalu. Bahkan aku sudah menutupnya dengan refresing liburan keliling Sumatera Barat. Sempurna sudah.

Namun, kosongnya pekerjaan di kantor membuat perasaanku mulai kacau. Masalah lama yang tidak pernah selesai tiba-tiba muncul satu-persatu. Aku sebal dengan kondisi seperti ini. Aku berusaha menutupnya kembali dengan kembali sok sibuk bekerja. Toh tidak bisa karena memang belum ada suatu pekerjaan yang menantang fisik dan pikiranku.

Aku sampai ‘merengek-rengek’ mas Rusti supaya diajari program SQL supaya aku bisa membantu pekerjaannya memecah data PODES 2005 yang seabreg-abreg. Akan tetapi, Rusti sedang sibuk dengan proyek “e-book”-nya. Sebagai gantinya, aku diminta untuk membantunya membuat profil kecamatan di Prov DIY dari data PODES 2005. Setelah selesai, aku masih tetap mencari-cari apa yang bisa kukerjakan untuk menutup semua kegalauan diriku. Lagi-lagi aku merepotkan mas Rusti. Teringat tentang cerita mas Rustri yang tertarik untuk meneliti dan menulis abrasi di Teluk Jakarta, tepatnya di daerah Bekasi. Sepertinya asyik dan menantang kalau proyek itu berhasil terwujud. Sudah terbayang perjalanan ke lokasi sambil membawa GPS. Huah…kebanyakan berkhayal.

Yang sebenarnya membebani pikiranku saat ini akan selalu muncul setiap saat kesibukanku berkurang. Masalah lama yang tidak pernah selesai karena aku tidak tahu bagaimana mengakhirinya dan menyelesaikan. Kalau kubuka-buka tulisanku di blogku yang lain, keluhanku tetap sama. Sendiri, kesepian, menjadi introvert karena kehilangan teman curhat, dan sebagainya.

Sampai sekarang, akupun tidak tahu bagaimana menyelesaikannya. Aku sudah mencoba untuk terbuka pada beberapa temanku yang kupercaya. Lagi-lagi karena kesibukan (baik aku dan dia), kalimat-kalimat yang siap meluncur dari mulutku akhirnya tertelan kembali. Yah, aku hanya tidak mau membebani mereka dengan cerita-ceritaku.

Bahkan saat bulan maret lalu, aku sempat bingung harus lari atau cerita ke siapa karena tiba-tiba ada beberapa masalah yang menghadang di depanku. Pertama masalah lama yang pernah membuat hidupku kacau. Huah…entah kenapa emosiku kembali terkuak . Sempat terbersit di pikiranku untuk marah besar dan mencekik-cekik si pembuat sakit hatiku. Kacau…payah… (kebanyakan nonton film keras, neh).

Teman-temanku yang mengerti masalah 4 tahun yang lalu ini sudah menghilang dari hidupku. Akhirnya karena tidak kuat aku Cuma bisa menahan nangis dan emosi saat perjalanan pulang dari Bandung-Jakarta. Untung masih ada Soni yang sebenarnya tidak mengerti banget masalah itu mencoba menenangkanku dengan sms-smsnya. Akhirnya karena waktu dan emosi yang telah mereda, aku bisa berpikir jenih dan tenang kembali. Baru dua minggu kemudian aku sempat sharing dan curhat dengan mbak Rini, Aris, dan Houtman.

Masalah-masalah yang lain sebenarnya tidak terlalu berat dan terselesaikan dengan sendirinya setelah masalah pertama sirna. Puji Tuhan, di tengah ketidak stabilanku di bulan Maret, aku masih bisa menyelesaikan semua pekerjaan kantor dengan profesional dan masih bisa mengurus kepindahan rumah kontrakan. Bahkan mengikuti ujian masuk di UI.

Terkadang aku iri dengan beberapa orang temanku yang mempunyai sahabat yang siap membantu setiap saat setiap detik. Bagaimana lagi, mungkin Tuhan sedang mengujiku. Apakah aku Sanggup menyelesaikan semua masalahku sendiri? Sebelum akhirnya Tuhan nanti membantuku.

NB : Thanks to Mr C dan D yang sudah meluangkan waktu untuk sharing dan berdiskusi lagi denganku. Saat ini aku sedang membutuhkan hal-hal seperti itu supaya aku bisa membuka mataku lebar-lebar tentang dunia ini.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

