Mesin Cuci yang Aneh


Tombol pengering kuputar ke angka 12. Sembari aku mengalirkan air ke dalam lubang pengering. Beberapa detik kemudian, suara mesin pengering berdenging. Awalnya sih halus, tapi lama-kelamaan terdengar kasar. Reflek aku melihat ke arah mesin cuci. Ternyata mesin cuci berwarna hijau muda itu telah berpindah tempat sejauh 25 cm dan berjalan semakin cepat saat mesin pengering terus berputar.

Agak kaget melihat tingkah laku mesin cuci ini. Segera kupegang badannya dengan tanganku. Namun tetap aja mesin itu ingin berlari. Karena takut jika lari semakin jauh, aku segera mematikan kran. Meski gerakannya tidak berkurang, setidaknya suaranya semakin menghalus dan gerakannya melambat.

Baru 2 minggu umur mesin cuciku yang kubeli setelah aku pindah ke rumah kontrakan yang baru. Aku membeli si Denpoo selain karena ada fasilitas spin, juga ukurannya cukup mungil untuk masuk ke dapur rumah yang ukurannya tergolong minimalis. Harganya pun relatif terjangkau olehku, sekitar 1 juta-an.

Selain mengejutkan karena sering berlari-lari saat melakukan proses pengeringan, muncul bunyi-bunyian aneh seperti suara weker sesaat setelah tabung pemutar akan mengakhiri kerjanya. Pertama kali berbunyi, aku mengira mesin cuci itu rusak. Bahkan Yoke mengira ada tikus yang masuk rumah.

Rupanya tidak hanya mesin cuciku yang aneh. Saat pulang ke Semarang kemarin, aku agak kaget saat melihat rantai mengeliling mesin cuci di rumah ortuku. Tadinya kupikir untuk alasan keamanan. Tapi setelah mendengar cerita ortuku, aku jadi tertawa. Mesin cuci satu lubang dengan merk Indesit itu juga mempunyai hobi bergeser tempat. Bahkan juga gemar bersuara heboh.

Mesin cuci di rumah ortuku itu tidak hanya aneh karena tingkah lakunya. Merknya pun sempat membuat keningku berkerut dan tertawa keras. Pasalnya dari namanya pun bukan merk yang terkenal di Indonesia. Bahkan jika diidentikkan dengan bahasa Jawa, artinya adalah ndesa alias kampungan. Tapi ibuku segera membantah bahwa merk Indesit adalah merk keduanya Electrolux yang diproduksi Italia. Yah Electrolux merupakan merk mesin cuci yang terkenal di Indonesia. Awalnya aku tidak mempercayai penjelasan ibuku. Namun, ketika secara tak sengaja saat melewati jalan tol Kebun Jeruk aku melihat nama Indesit terpampang jelas di dinding Electronic City, baru aku mempercayainya.

Benar-benar dua mesin cuci yang aneh. Aku Cuma berharap, meski tingkah lakunya aneh, tetapi bisa bertahan lama.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

