Mother How Are You Today

Jakarta, 22 Desember 2005


Mother How are you Today

How are you ibu?
Today is mother;s day

Aku belum menanyakan kabar ibu
Pasti ibuku sudah sibuk dengan kegiatannya
Mengajar, menyiapkan hidangan natal, mengurus kegiatan gereja

Pagi-pagi sudah bangun
Senam Sehat Indonesia di PAM
Saat aku membuka mata, secangkir kopi susu sudah siap di meja makan
Saat aku sedang menikmati kopi susu sambil membaca koran
Ibu sudah memegang sapu dan sulak
Saat aku sibuk sarapan
Beliau sudah beraktivitas lagi
Ke pasar, ke kantor atau sekedar ke rumah mbah Ti

Ibu…
Sudah 27 tahun kau mengasuhku
Aku tahu pengorbanan ibu untuk aku dan Mita sangatlah besar
Merelakan beasiswa S2nya hanya untuk mengurus aku dan Mita
Merelakan sebagian waktunya untuk mendampingi aku dan Mita

Saat kecil aku menganggap ibu adalah ibu yang galak dan cerewet.
Setiap langkah kakiku diatur olehnya
Setiap gerak tubuhku juga ditata
Menyebalkan…

Maaf Bu…
Itu keluhan saat aku masih kecil
Saat aku masih belum mengerti kegalakan dan kecerewetan ibu
Sekarang aku paham betul arti semua itu
Banyak gunanya untuk aku

How are you ibu?
Sampai saat ini aku belum bisa memberikan balas jasa atas semuanya ke aku
Aku jarang memberikan ciuman
Tidak pernah berkata aku sayang ibu
Jarang menanyakan kabar ibu

Namun sebaliknya…
Saat aku pulang ke Semarang
Ibu selalu memeluk dan menciumku
Ibu memang tidak pernah berkata cinta
Tapi hampir tiap hari selalu ada sms atau telpon yang menanyakan kabarku
Tahu saat aku ada masalah, bersedih.
Tahu semua yang kurasakan
Walau beliau tidak pernah menanyakannya langsung

Ibu…Happy Mother’s Day
Semoga setelah ini aku bisa memberikan yang terbaik untuk ibu

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

